BELAJAR DARI SEBUAH KEGAGALAN


Berapa kali dalam hidup ini kita berada di posisi gagal. Sebenarnya gagal itu baik atau buruk tidak sih jika kita alami? Semuanya bergantung sih pada individu masing-masing. Banyak orang di dunia ini kegagalan adalah sebuah pertanda bahwa dia harus berhenti tapi tak sedikit pula yang mengartikan kegagalan sebagai langkah awal untuk dia mencoba kembali. Entah mencoba hal yang sama atau mencoba hal yang baru.
 
Tapi apakah kegagalan membuat kita takut untuk mencoba lagi itu yang perlu kita pikirkan.
 
Coba kita perhatikan diri kita saat kecil. Kita pernah belajar untuk melangkahkan kaki kita yang pertama kali. Apakah begitu kita melangkah satu kali kita bisa langsung berlari? Tentunya kita akan mengalami jatuh berkali-kali hingga akhirnya kita bisa berlarian ke sana kemari. Sama ketika kita belajar menaiki sepeda, kita belajar menyeimbangkan sepeda dengan tubuh kita sampai suatu waktu, kita mengayuhnya sedemikian kencang dan merasa kita telah berhasil menaklukan tantangan.
 
Entah mengapa anak kecil yang dulunya tak takut untuk mencoba apa pun walau kegagalan berkali-kali menyapanya. Dia tetap saja meneruskan apa yang ingin dia lakukan, kemudian dia berhasil melakukannya. Bagaimana dengan diri kita yang sekarang? Apakah kita masih anak kecil yang dulu itu, anak kecil yang apabila telah jatuh mau bangkit lagi untuk mencoba kesekian kalinya?
 
Atau kita lalu memutuskan untuk meninggalkan ketidakamanan tersebut dan lebih memilih melakukan sesuatu yang memiliki tingkat risiko lebih rendah. Lebih suka dengan kepastian. Sesuatu yang terjadwal dan tidak berniat melakukan ‘petualangan’ yang lebih berbahaya. Setiap orang berhak melakukan apa pun yang dia inginkan. Sesuai dengan apa yang dia percaya. Namun kita harus ingat, ketika kita sama-sama masih belajar berjalan, kita semua sama-sama tidak takut untuk bangkit setelah jatuh. Semangat yang sama. Kemampuan yang sama. Seharusnya.
 
Ketika mengalami kegagalan, jadikanlah hal tersebut sebagai pelajaran bahwa apa yang kita lakukan harus kita ulang lagi dengan cara yang lebih baik. Pasti ada sebuah formula yang benar untuk membuatnya berhasil. Kegagalan artinya kita belum menguasai ilmu untuk mencapai keberhasilan di dalamnya. Sama seperti ilmuwan yang ada di dunia ini. Mereka mencoba berkali-kali, bahkan ribuan kali hanya untuk membuat penemuannya berhasil.
 
Tak dapat dibayangkan apabila tak ada orang yang berani belajar dari kegagalannya dan menemukan jalan yang benar untuk tiba di tonggak keberhasilan. Jadi sebenarnya kegagalan itu tidak ada jika kita masih mau terus mencoba.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s