TIPS BERNEGO GAJI


Hal paling tak enak adalah membicarakan masalah gaji. Biasanya perekrut maupun karyawan yang hendak masuk sama-sama enggan membahasnya. Namun, jika Anda mendapat panggilan wawancara gaji di perusahaan baru, Anda bisa mempertimbangkan saran dari praktisi manajemen tip dan ide dari Harvard Business Review and HBR.org.

Tip manajemen yang diadaptasi dari How to Negotiate Your Next Salary oleh Amy Gallo ini memberikan cara bagaimana menegosiasikan gaji kala wawancara ke perusahaan baru. “Bernegosiasi mengenai gaji merupakan proses yang tak nyaman. Anda ingin mendapatkan nilai yang pantas, tapi juga tak ingin menawarkan besar gaji yang menakutkan bagi posisi baru Anda,” demikian pernyataan dalam Harvard Business Review, seperti dikutip dari Reuters.

1. Riset
Informasi merupakan kekuatan. Jadi cobalah menjangkau teman dan kolega yang bisa mengatakan kepada Anda berapakah gaji yang pas untuk calon karyawan di posisi itu.

2. Jujur
Ketika perekrut bertanya berapa gaji yang kamu harapkan, ungkapkanlah. Sebab ia perlu tahu harapan calon karyawan sehingga mereka tidak membuang waktu.

3. Tawarkan Solusi
Pembicaraan gaji merupakan negosiasi. Dua pihak berupaya menemukan solusi  atau jalan tengah bagi keduanya. Jika jumlahnya lebih rendah dibanding standar yang diharapkan, tawarkanlah sesuatu. Jadi kedua pihak bisa menemukan titik temu.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s